Langsung ke konten utama
Kisah Guru Ngeblog di Wordpress

Narsum : mr Bams
Waktu : 19.00-21.00
Pertemuan : Jumat, 12 Juni 2020
Resumer : sriendang485.blogspot.com

CV Narsun

Keluar SMA tidak melanjutkan,  ikut kursus Komputer di Bandung selama 3 bulan, setiap hari. Sebelum lulus dari tempat kursus Komputer pun  sudah bekerja disebuah Konsultan,
1992 - 2000 : Konsultan
2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)
2004 - 2008 : Pendongeng Keliling
2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan
2008 - sekarang : Guru SMP Taruna Bakti

Kapan Mulai buat Blog ?
Saat  di SMP Taruna Bakti diterima tahun 2008, tahun 2009 selain guru diminta membimbing ekskul.  membimbing ekskul blog, tetapi pakai multipy

Lanjutkan tentang Ngeblog

Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi,  berpindah hati ke wordpress. Kenapa ngak blogspot, ya namanya juga jodoh. Jadi  pilih wodpress.

Kenapa Ngeblog ?

Senang dunia menulis. Karena sejak tahun 2003 sebagai pendongeng juga. Maka sebagai sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011  membuat Taman Baca di rumah sendiri, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, kami sekeluarga pindah nggak jauh dari Taman Baca

Pegiat Literasi

Label pegiat literasi nempel, sejak tahun 2011 sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren.

Disekolah pun sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit.  sangat senang membaca. Kegiatan yang berhubungan literasi disekolah selalu mendapat jatah untuk terlibat.

Tujuan Membuat Blog

1. Malu sebagai guru TIK nggak punya blog
2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog
3. Berbagi pengalaman
4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
5. Menghasilkan rupiah

Apa saja isi dari blog

1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi
2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA

Wabah Covid-19 menuai berkah

Gara-gara Covid  memberanikan buka kelas blog. Siapa inspirasinya ? Om Jay dan Kang Encon. Diperhatikan polanya, bagaimana mengelola kelas online di WA.  belajar dengan cepat.
Lahirlah :
1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni
2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni
3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)

Apakah gratis ?

Memang belum bisa seperti Omjay, semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harga terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet, jauh.

*Kesimpulan*

1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.
3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan

Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jamaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kurikulum Operasional Sekolah

MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan  umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan:  Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran:  Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum:  Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran:  Materi pembelajaran yang relevan dan s

Tantangan Menulis ke-9

Belajar Sabar   Dalam kehidupan manusia pastilah akan berjumpa banyak hal yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain adalah menemui berbagai rintangan yang menghalangi jalan. Perjalanan hidup tak semulus impian Namun tetap harus sabar Nah, inilah yang harus diingat sebagai bekal hidup. Sabar, sabar dan sabar.  Sabar adalah menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Pelajaran tentang sabar diperroleh hari ini. Keinginan untuk menjenguk anak yang tinggal jauh dari rumah karena menuntut ilmu, kandas. Dalam rencana dan angan, akan pergi. Bayangan bersua dan melepas rindu tergambar. Tapi ternyata tidak sesuai impian. Semua karena bebagai alibi. Dan alasan pun dapat diterima. Kegiatan yang bersamaan, sopir tidak bisa mengantar, hari hujan lebat dan lain sebagainya. Keputusan yang diam

Tantangan Menulis

Refreshing Warga Sekolah   Hari masih pagi. Matahari tertutup awan tebal. Hingga suasana tampak syahdu. Lingkungan sekolah sudah sepi.  Agenda penerimaan raport akhir tahun telah usai. Kembali suasana sekolah sepi dan sunyi. Apalagi beberapa warga sekolah bersiap mengadakan resfreshing akhir tahun. Tujuannya ke pantai. Mana lagi tempat terdekat, kalau bukan pantai selatan. Yah, pantai selatan adalah posisi terdekat dengan lokasi sekolah.  Keputusan yang diambil, refreshing ke pantai. Banyak warga sekolah ikut serta. Kami berangkat bersama. Perjalanan cukup seru. Hatiku saja yang tak nyaman dalam perjalanan. Penyebabnya karena aku belum ijin langsung dengan keluargaku walaupun mesti diperbolehkan ikut serta.   Sampailah dipantai. Tampak teman-teman langsung menuju ke pantai. Mereka bermain air. Senang melihat wajah ceria mereka. Sementara gulung-gulung ombak terlihat elok . Bagai gulungan benda besar di papan yang luas. Suara gemuruh ombak mengalahkan suara apapun. Angin sepoi-sepoi