Langsung ke konten utama

Berbagi Praktik Baik Literasi Digital

Berbagi Praktik Baik Literasi Digital 

 Hari Rabu, 8 Desember 2021 adalah pertemuan ke-17. Kegiatan GMLD sore ini, narasumbernya Ibu Maria Sumakul. Moderatornya Ms. Phia. 

 Ringkasan materi

 *) Literasi Digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. 

 *) Manfaat Literasi Digital 

 + Menambah wawasan individu, kegiatan mencari dan memahami informasi. 
+ Meningkatkan kemampuan individu, untuk lebih kritis dalam berfikir, serta memahami informasi. 
+ Menambah penguasaaan "kosakata" individu, dari berbagai informasi yang dibaca. 
+ Meningkatkan kemampuan verbal individu literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu. 
+ Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat, serta menulis informasi. 

 *) Hubungan Literasi Digital dan  Dunia Pendidikan

 Literasi digital mampu mengembangkan dunia pendidikan. literasi digital yang baik akan membuka akses yang semakin luas terhadap informasi. Sehingga sektor pendidikan akan meningkat lebih baik.

 *) relevansi literasi digital pada pembelajaran di masa pandemi

 Menurut menteri pendidikan nadiem makariem pemenfaatan teknologi akan mampu mengakselerasi transformasi pendidikan dan mendorong lompatan kemajuan, khusunya di masa pandemi covid 19. 

 Namun ada syarat wajib yang harus dipenuhi yakni pemanfaatan teknologi secara tepat sasaran dan kecakapan digital. Hal ini mencakup kemampuan dalam mengelola dan memanfaatkan sumber-sumber digital secara bijak. 


 *) relevansi literasi digital pada masa pembelajaran di masa pandemi

 + Kecakapan digital, yakni kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan piranti lunak TIK seta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari. 
 + Budaya digital yaitu kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, dan membangun wawasan kebangasaan, nilai Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. 
 + Etika Digital yaitu kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, dan menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari-hari. 
 + Keamanan digital yaitu kemampuan individu untuk mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, menimbang, meningkatkan, kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari. 

 *) Mengapa literasi digital harus diajarkan dalam dunia pendidikan? 

 Karena dekatnya anak-anak dengan media sosial rentan terhadap pengaruh negatif. kemudian dengan pemahaman literasi digital bisa mencegah terjadinya kejahatan seperti Cyber bullying, phising, atau penipuan dengan berkedok 'iming-iming' dunia digital. Ini adalah yang harus diedukasikan pada anak-anak.

 *) Contoh literasi digital di sekolah

 + Komunikasi dengan guru ataupun teman dengan menggunakan media sosial, 
 + Mengirim tugas sekolah lewat e-mail, 
 + Pembelajaran dengan cara online, baik lewat aplikasi maupun web, 
+ Mencari bahan ajar dari sumber terpercaya di internet. 

 *) Contoh literasi digital di rumah

 + Melakukan penelusuran dengan menggunakan browser, 
 + Mendengarkan musik dari layanan streaming resmi,
 + Melihat turorial memasak dari internet,
 + Menggunakan laptop yang tersambung ke internet untuk mengerjakan tugas ataupun pekerjaan. 

 *) Tujuan pembelajaran literasi digital di sekolah 

 +) Meningkatkan kapasitas guru untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi siswa melalui pemanfaatan media digital.
 +) Mengintegrasikan kompetensi dasar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan digital, 
 +) Menumbuhkan karakter baik melalui pemanfaatan media digital dengan mengutamakan etika  dan norma sosial. 

 *) Manfaat literasi digital bagi siswa 

 + Meningkatkan kemampuan siswa untuk untuk lebih kritis dalam berfikir serta memahami informasi. 
+ Menambah penguasaan kosakata siswa dari berbagai informasi yang dibaca.
 + Meningkatkan kemampuan verbal siswa literasi digital
 + Meningkatkan daya fokus serta konsentrasi siswa. 

 Demikian resume pemaparan materi dari narasumber Ibu Maria. Harapannya dengan praktik literasi digital yang diimplementasikan dalam pembelajaraan maka motivasi mecipta inovasi yang kreatif lebih berkembang dengan baik.. *)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kurikulum Operasional Sekolah

MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan  umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan:  Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran:  Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum:  Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran:  Materi pembelajaran yang relevan dan s

Tantangan Menulis ke-9

Belajar Sabar   Dalam kehidupan manusia pastilah akan berjumpa banyak hal yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain adalah menemui berbagai rintangan yang menghalangi jalan. Perjalanan hidup tak semulus impian Namun tetap harus sabar Nah, inilah yang harus diingat sebagai bekal hidup. Sabar, sabar dan sabar.  Sabar adalah menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Pelajaran tentang sabar diperroleh hari ini. Keinginan untuk menjenguk anak yang tinggal jauh dari rumah karena menuntut ilmu, kandas. Dalam rencana dan angan, akan pergi. Bayangan bersua dan melepas rindu tergambar. Tapi ternyata tidak sesuai impian. Semua karena bebagai alibi. Dan alasan pun dapat diterima. Kegiatan yang bersamaan, sopir tidak bisa mengantar, hari hujan lebat dan lain sebagainya. Keputusan yang diam

Tantangan Menulis

Refreshing Warga Sekolah   Hari masih pagi. Matahari tertutup awan tebal. Hingga suasana tampak syahdu. Lingkungan sekolah sudah sepi.  Agenda penerimaan raport akhir tahun telah usai. Kembali suasana sekolah sepi dan sunyi. Apalagi beberapa warga sekolah bersiap mengadakan resfreshing akhir tahun. Tujuannya ke pantai. Mana lagi tempat terdekat, kalau bukan pantai selatan. Yah, pantai selatan adalah posisi terdekat dengan lokasi sekolah.  Keputusan yang diambil, refreshing ke pantai. Banyak warga sekolah ikut serta. Kami berangkat bersama. Perjalanan cukup seru. Hatiku saja yang tak nyaman dalam perjalanan. Penyebabnya karena aku belum ijin langsung dengan keluargaku walaupun mesti diperbolehkan ikut serta.   Sampailah dipantai. Tampak teman-teman langsung menuju ke pantai. Mereka bermain air. Senang melihat wajah ceria mereka. Sementara gulung-gulung ombak terlihat elok . Bagai gulungan benda besar di papan yang luas. Suara gemuruh ombak mengalahkan suara apapun. Angin sepoi-sepoi