Langsung ke konten utama

Curriculum Virae

Curriculum Vitae

Sri  Endang Purwaningsih adalah nama lengkapnya. Usianya sudah tak muda lagi. Tapi semangat belajarnya selalu membara.

Riwayat Pendidikannya dimulai 
SDN Pucung, Panjan, Paliyan Gunungkidul 
SMPN II Wonosari Gunungkidul 
SMAN I Wonosari Gunungkidil 
Pendidikan Sekretaris Budya Wacana Yogyakarta 
D2 PGSD/MI STITY Yogyakarta
D2 PGSD Universitas Terbuka 
S1 PGSD Universitas Terbuka 

Pernah berpetualang bekerja. Sebagai karyawan swasta hingga melanglang buana demi mencari pekerjaan yang menurutmya semakin mantap. 

Akhirnya, pekerjaan yang membuatnya lebih nyaman disandingnya. Ia bekerja di Dinas Pendidikan Gunungkidul. Tepatnya kini di SDN Paliyan III Paliyan Gunungkidul. Membersamai generasi penerus bangsa tercinta belajar adalah kegiatannya sehari-hari. 

Hidup dan tinggal di desa. Meski sebagai orang desa, tak menyurutkan tekad dan niatnya untuk dapat berbagi berupa tulisan yang bermanfaat. 

Suka sekali dengan menulis. Sudah banyak tulisan artikel maupun opini dimuat di majalah maupun koran. Buku antalogi dan buku solo juga sudah terbit. 

Buku- buku yang telah diterbitkan adalah : 

1. Buku Solo 
* Goresan Pena Ketika Harus Stay at Home 
* Sebuah Tekad dari Bocah Ndedo (cerpen) 
* Butiran Pelajaran Bersamanya
* Benteng Moli yang Tumbang ( Fabel) 

 2. Buku Antalogi 
* Plus Minus Belajar di Era Pandemi
* Ramadhanku, Ramadhanmu, Ramadhan Kita
* Catatan Perjuangan 
* Fun Learning 
* Fabel Petmainan Tradisional Indonesia
* Menjadi Aku 
* Anak-Anak Inspiratif
 * I'm Perfect 
* Damai Sepanjang Masa 
* Memorabilia 
* Tersekat 
* Sulam Rindu 
* 100+ Fabel Motivasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kurikulum Operasional Sekolah

MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan  umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan:  Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran:  Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum:  Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran:  Materi pembelajaran yang relevan dan s

Tantangan Menulis ke-9

Belajar Sabar   Dalam kehidupan manusia pastilah akan berjumpa banyak hal yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain adalah menemui berbagai rintangan yang menghalangi jalan. Perjalanan hidup tak semulus impian Namun tetap harus sabar Nah, inilah yang harus diingat sebagai bekal hidup. Sabar, sabar dan sabar.  Sabar adalah menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Pelajaran tentang sabar diperroleh hari ini. Keinginan untuk menjenguk anak yang tinggal jauh dari rumah karena menuntut ilmu, kandas. Dalam rencana dan angan, akan pergi. Bayangan bersua dan melepas rindu tergambar. Tapi ternyata tidak sesuai impian. Semua karena bebagai alibi. Dan alasan pun dapat diterima. Kegiatan yang bersamaan, sopir tidak bisa mengantar, hari hujan lebat dan lain sebagainya. Keputusan yang diam

Tantangan Menulis

Refreshing Warga Sekolah   Hari masih pagi. Matahari tertutup awan tebal. Hingga suasana tampak syahdu. Lingkungan sekolah sudah sepi.  Agenda penerimaan raport akhir tahun telah usai. Kembali suasana sekolah sepi dan sunyi. Apalagi beberapa warga sekolah bersiap mengadakan resfreshing akhir tahun. Tujuannya ke pantai. Mana lagi tempat terdekat, kalau bukan pantai selatan. Yah, pantai selatan adalah posisi terdekat dengan lokasi sekolah.  Keputusan yang diambil, refreshing ke pantai. Banyak warga sekolah ikut serta. Kami berangkat bersama. Perjalanan cukup seru. Hatiku saja yang tak nyaman dalam perjalanan. Penyebabnya karena aku belum ijin langsung dengan keluargaku walaupun mesti diperbolehkan ikut serta.   Sampailah dipantai. Tampak teman-teman langsung menuju ke pantai. Mereka bermain air. Senang melihat wajah ceria mereka. Sementara gulung-gulung ombak terlihat elok . Bagai gulungan benda besar di papan yang luas. Suara gemuruh ombak mengalahkan suara apapun. Angin sepoi-sepoi