Langsung ke konten utama

Sejuknya Di Hari Kedua

Sejuknya Di Hari Kedua 

 Pagi hari udara terasa sejuk. Susuri jalan menuju sekolah masih sepi. Terlebih kabut dan mendung menyelimuti suasana pagi itu. Matahari pagi juga masih bersembunyi di ufuknya. Seakan hari lebih pagi dari waktu yang ditunjukkan di pergelangan tangan ini.

 Ketika tiba di sekolah, beberapa anak sudah piket menyapu halaman sekolah. Memang dipojok halaman tumbuh tegak pohon perindang. Cukup subur juga. Bila siang hari, mampu digunakan berlindung dari terik matahari. 

 Pagi itu anak-anak membersihkan daun-daun kering yang meranggas. Daun berguguran membuat sampah cukup banyak. Namun pagi lumayan sejuk. Ditambah suasana berkabut tipis.Yah, setelah beberapa hari cuaca begitu panas, guyuran hujan semalam membuat pagi itu amat adem. Hingga tidur tadi malam terasa lebih nyaman. Istirahat malam terasa lebih indah.

 Kegiatan selanjutnya, anak-anak berkumpul diteras depan ruang kelas. Mereka duduk dilantai. Apayang akan dilakukan? Mereka akan menghafal surat-surat pendek. Yah, memang setiap pagi selalu menghafal surat pendek. 

Kemudian dilanjutkan membaca buku non pelajaran. Literasi ini rutin dilakukan agar anak suka dengan membaca. Mengapa? Karena dengan membaca berarti akan tahu banyak tentang ilmu. 

 Sementara anak kelas enam yang akan menghadapi ujian sibuk dengan buku-bukunya. Mereka konsentrasi penuh pada jadwal hari ini. Terlihat mereka tak bermain-main seperti biasa. Semangat belajar terlihat cukup bergelora. Doa terbaik untuk anak-anakku tercinta. Semoga apapun yang kalian impikan dapat tercapai.*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kurikulum Operasional Sekolah

MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan  umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan:  Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran:  Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum:  Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran:  Materi pembelajaran yang relevan dan s

Tantangan Menulis ke-9

Belajar Sabar   Dalam kehidupan manusia pastilah akan berjumpa banyak hal yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain adalah menemui berbagai rintangan yang menghalangi jalan. Perjalanan hidup tak semulus impian Namun tetap harus sabar Nah, inilah yang harus diingat sebagai bekal hidup. Sabar, sabar dan sabar.  Sabar adalah menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Pelajaran tentang sabar diperroleh hari ini. Keinginan untuk menjenguk anak yang tinggal jauh dari rumah karena menuntut ilmu, kandas. Dalam rencana dan angan, akan pergi. Bayangan bersua dan melepas rindu tergambar. Tapi ternyata tidak sesuai impian. Semua karena bebagai alibi. Dan alasan pun dapat diterima. Kegiatan yang bersamaan, sopir tidak bisa mengantar, hari hujan lebat dan lain sebagainya. Keputusan yang diam

Tantangan Menulis

Refreshing Warga Sekolah   Hari masih pagi. Matahari tertutup awan tebal. Hingga suasana tampak syahdu. Lingkungan sekolah sudah sepi.  Agenda penerimaan raport akhir tahun telah usai. Kembali suasana sekolah sepi dan sunyi. Apalagi beberapa warga sekolah bersiap mengadakan resfreshing akhir tahun. Tujuannya ke pantai. Mana lagi tempat terdekat, kalau bukan pantai selatan. Yah, pantai selatan adalah posisi terdekat dengan lokasi sekolah.  Keputusan yang diambil, refreshing ke pantai. Banyak warga sekolah ikut serta. Kami berangkat bersama. Perjalanan cukup seru. Hatiku saja yang tak nyaman dalam perjalanan. Penyebabnya karena aku belum ijin langsung dengan keluargaku walaupun mesti diperbolehkan ikut serta.   Sampailah dipantai. Tampak teman-teman langsung menuju ke pantai. Mereka bermain air. Senang melihat wajah ceria mereka. Sementara gulung-gulung ombak terlihat elok . Bagai gulungan benda besar di papan yang luas. Suara gemuruh ombak mengalahkan suara apapun. Angin sepoi-sepoi