Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 23 : Selasa, 12 Mei 2020
Waktu : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri. : Bpk Arief Darmiansah Alor, NTT
Topik. : Berbagi Pengalaman.
Mengenai Inovasi
Pembelajaran di Ajang.
Nasional
Peresume. : Sri Endang P ( sriendang485.blogspot .com )
Pengalaman Om Arif
Pertama kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. pengen membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan. Selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada sarana prasarana yang mencukupi. ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi. Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah yang tidak ada listrik dan sinyal telp apalagi internet
Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Bisa media, bahan ajar, atau lainnya. Menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi.karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau buat pengembangan.
Untuk dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
Lomba KTI
Pendaftaran dan seleksinya melewati portal itu. Terbuka untuk semuanya. Ada beberapa syarat administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya
Tahap pertama seleksi administrasi kemudian dilakukan penilaian proposal penelitian. Apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud
Setelahnya melakukan penelitian pelaksanaan disekolah dan mengirim kembali ke portal sebagai laporan akhir penelitian
Selanjutnya dilakukan seleksi dan didapatkan peserta finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya
Tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian.
Tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal
Inovasi yang dilakukan Om Arif
Sekolah terletak di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya. Berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur leste yang dipisahkan oleh selat
minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik
Tahun 2016 terinspirasi dari ingin menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali sebuah proyektor hologram 3d.
Keinginan menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali
Pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya
dan hp android sebagai penayang video atau gambarnya
mika cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut limbah
Namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30 ribu seukuran kertas A4
Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam. Menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya
Setelah produk jadi dinilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Hasil yang didapar minat dan hasil belajar media ini saya kasih Millea : Mikroskop lensa laser tenaga suryaanak meningkat.
Sesi Tanya Jawab
Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah.
Bagaimana membuat karya ilmiah
Penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri.
Apa manfaat karya inovasi
Hasilnya minat anak naik signifikan dan membawa produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan.
Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya mengajak teman guru untuk ikut bergabung dan mengembangkan kelasnya.
Kesimpulan
Meski sarana dan prasarana yang serba mini maka inovasi perlu diterapkan dengan memanfaat limbah. Keberhasilan pembelajaran adalah tujuan yang hendak dicapai.
Ayo.....kita kembangkan dan semangat menulis
Pertemuan 23 : Selasa, 12 Mei 2020
Waktu : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri. : Bpk Arief Darmiansah Alor, NTT
Topik. : Berbagi Pengalaman.
Mengenai Inovasi
Pembelajaran di Ajang.
Nasional
Peresume. : Sri Endang P ( sriendang485.blogspot .com )
Pengalaman Om Arif
Pertama kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. pengen membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan. Selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada sarana prasarana yang mencukupi. ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi. Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah yang tidak ada listrik dan sinyal telp apalagi internet
Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Bisa media, bahan ajar, atau lainnya. Menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi.karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau buat pengembangan.
Untuk dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
Lomba KTI
Pendaftaran dan seleksinya melewati portal itu. Terbuka untuk semuanya. Ada beberapa syarat administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya
Tahap pertama seleksi administrasi kemudian dilakukan penilaian proposal penelitian. Apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud
Setelahnya melakukan penelitian pelaksanaan disekolah dan mengirim kembali ke portal sebagai laporan akhir penelitian
Selanjutnya dilakukan seleksi dan didapatkan peserta finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya
Tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian.
Tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal
Inovasi yang dilakukan Om Arif
Sekolah terletak di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya. Berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur leste yang dipisahkan oleh selat
minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik
Tahun 2016 terinspirasi dari ingin menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali sebuah proyektor hologram 3d.
Keinginan menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali
Pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya
dan hp android sebagai penayang video atau gambarnya
mika cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut limbah
Namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30 ribu seukuran kertas A4
Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam. Menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya
Setelah produk jadi dinilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Hasil yang didapar minat dan hasil belajar media ini saya kasih Millea : Mikroskop lensa laser tenaga suryaanak meningkat.
Sesi Tanya Jawab
Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah.
Bagaimana membuat karya ilmiah
Penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri.
Apa manfaat karya inovasi
Hasilnya minat anak naik signifikan dan membawa produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan.
Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya mengajak teman guru untuk ikut bergabung dan mengembangkan kelasnya.
Kesimpulan
Meski sarana dan prasarana yang serba mini maka inovasi perlu diterapkan dengan memanfaat limbah. Keberhasilan pembelajaran adalah tujuan yang hendak dicapai.
Ayo.....kita kembangkan dan semangat menulis
Komentar
Posting Komentar