Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan 1. : Jumat, 10 April 2020
Waktu. : 19.00 - 21.00 wib
Narasumber. : Pak @Agus Sampurno
Topik. : Menulis di blog dengan tulisan yang menarik dan kreatif
Resumer. : sri endang purwaningsih
( sriendang485.blogspot.com)
Rasa syukur pada Allah SWT, pertemuan perdana diklat menulis berlangsung lancar. Ucapan terimasih disampaikan kepada team penyelenggara diklat menulis. Tak lupa juga kepada Pak Omjay.
Semua kru Diklat menulis hebat dan sungguh luar biasa. Semoga mampu menjadikan pendidik- pendidik bangsa tercinta ini yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dalam membersamai generasi penerus bangsa.
Banyak hal yang dapat dipetik dari narasumber pertama yaitu Pak Agus Sampurno. Beberapa hal dapat disampaikan dalam resume berikut :
Berbagai kesalahan yang biasa dilakukan saat belajar menulis :
1. Menulis dengan menjadikan dirinya sebagai peran utama ( menceritakan diri sendiri bukan memberikan solusi permasalahan).
2. Tulisan tidak dibaca ulang sebelum diposting
3. Tulisan terlalupanjang dan banyak mengandung idebesar.
Beberapa pespektif menyikapi pembelajaran jarak jauh :
1. Pendidik yang merasa dirinya sukses mengampu dengan cara on line tanpa memperhatikan bahwa diluar sana masih banyak yang bingung mengatasi kendalanya
2. Pendidik menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anak.
3. Pendidik memberikan tips dan trik bagi orang tua siswa dan guru.
Rahasia menghindari kesalahan dalam memberikan penugasan kelas jarak jauh:
1. Guru berniat menggantikan kelas tatap muka dengan kelas on line. Hal ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menuntaskan kurikulum.
Contoh pemberian tugas on line adalah dengan model choice board
2. Guru harus dapat memilah mana siswa yang perlu diberikan tugas on line dan off line.
3. Guru harus meluangkan waktunya untuk berdiskusi dengan orang tua siswa tentang pembelajaran on line
4. Guru harus menberikan tugas kepada siswa yang minin pendampingan orang tua dan menyelipkan panduan pengerjaan tugas serta waktu estimasi penyelesaian.
5. Guru sadar bahwa sikon ini diluar kehendak dirinya loleh karena itu dalam penuntasan kurikulum harus dicari solusinya bukan asal target kurikulum rampung.
Sebuah penugasan pembelajaran jarak jauh berfungsi untuk sekedar menghangatkan otak dan ingatan siswa agar tidak kosong bukan untuk menggantikan pembelajaran tatap muka.
cara terbaik memberikan ruh pada sebuah tulisan:
1. Membuat supaya tulisan menarik dan senang dibaca sehingga apa yang ingin disampaikan tercapai
2. Berbunkreatifitas dan berteman dengan media sosial.
Pertemuan 1. : Jumat, 10 April 2020
Waktu. : 19.00 - 21.00 wib
Narasumber. : Pak @Agus Sampurno
Topik. : Menulis di blog dengan tulisan yang menarik dan kreatif
Resumer. : sri endang purwaningsih
( sriendang485.blogspot.com)
Rasa syukur pada Allah SWT, pertemuan perdana diklat menulis berlangsung lancar. Ucapan terimasih disampaikan kepada team penyelenggara diklat menulis. Tak lupa juga kepada Pak Omjay.
Semua kru Diklat menulis hebat dan sungguh luar biasa. Semoga mampu menjadikan pendidik- pendidik bangsa tercinta ini yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dalam membersamai generasi penerus bangsa.
Banyak hal yang dapat dipetik dari narasumber pertama yaitu Pak Agus Sampurno. Beberapa hal dapat disampaikan dalam resume berikut :
Berbagai kesalahan yang biasa dilakukan saat belajar menulis :
1. Menulis dengan menjadikan dirinya sebagai peran utama ( menceritakan diri sendiri bukan memberikan solusi permasalahan).
2. Tulisan tidak dibaca ulang sebelum diposting
3. Tulisan terlalupanjang dan banyak mengandung idebesar.
Beberapa pespektif menyikapi pembelajaran jarak jauh :
1. Pendidik yang merasa dirinya sukses mengampu dengan cara on line tanpa memperhatikan bahwa diluar sana masih banyak yang bingung mengatasi kendalanya
2. Pendidik menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anak.
3. Pendidik memberikan tips dan trik bagi orang tua siswa dan guru.
Rahasia menghindari kesalahan dalam memberikan penugasan kelas jarak jauh:
1. Guru berniat menggantikan kelas tatap muka dengan kelas on line. Hal ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menuntaskan kurikulum.
Contoh pemberian tugas on line adalah dengan model choice board
2. Guru harus dapat memilah mana siswa yang perlu diberikan tugas on line dan off line.
3. Guru harus meluangkan waktunya untuk berdiskusi dengan orang tua siswa tentang pembelajaran on line
4. Guru harus menberikan tugas kepada siswa yang minin pendampingan orang tua dan menyelipkan panduan pengerjaan tugas serta waktu estimasi penyelesaian.
5. Guru sadar bahwa sikon ini diluar kehendak dirinya loleh karena itu dalam penuntasan kurikulum harus dicari solusinya bukan asal target kurikulum rampung.
Sebuah penugasan pembelajaran jarak jauh berfungsi untuk sekedar menghangatkan otak dan ingatan siswa agar tidak kosong bukan untuk menggantikan pembelajaran tatap muka.
cara terbaik memberikan ruh pada sebuah tulisan:
1. Membuat supaya tulisan menarik dan senang dibaca sehingga apa yang ingin disampaikan tercapai
2. Berbunkreatifitas dan berteman dengan media sosial.
Komentar
Posting Komentar