Langsung ke konten utama
Diklat Menulis Gelombang 9

Pertemuan 2 : Sabtu, 11 April 2020
Waktu.           : 19.00 - 21.00 WIB
Narasumber : Om Jay
Resumer.       : sriendang485.blogspot.com

Sebuah Motivasi


Kegiatan menulis sungguh merasa berat. Susah sekali menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Diperlukan semangat yang luar biasa agar mampu mengungkapkan gagasan yang berkembang dalam pikiran. Setiap insan jelas sekali nemiliki segudang harapan yang hampir banyak tak bisa ditorehkan dalam coretan tinta.

Menulis butuh juga motivasi atau dorongan. Menurut narasumber pada diklat menulis ini, diperlukan keinginan dari diri sendiri yang kuat dan pantang menyerah. Motivasi dari pihak kedua sangat penting. Dikatakan semangat dari dalam diri bisa kendor ketika hasil awalnya tak seperti yang dharapkan.

Seperti pengalaman narasumber, pada awal melihat hasil tulisan tak sesuai keinginan rasa loyo timbul. Namun bangkit kembali karena ada dukungan dari pihak lain.

Tulisan akan lebih baik bila dicoretkan pafa aplikasi blog sehingga kita berbagi ilmu dengan yang lain. Karya akan dapat dibaca banyak orang di manapun. Lebih- leboh negara tercinta kepulauan.

Menumpahkan banyaknya ide perlu juga berlatih terus. Bahkan mengusahakan setiap hari harus ada waktu menulis meski hanya tiga paragrap. Kebiasaan menulis yang terus menerus akan mudah menuangkan ide. Dan nanti akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Mantra jitu dari narasumber "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kurikulum Operasional Sekolah

MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan  umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan:  Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran:  Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum:  Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran:  Materi pembelajaran yang relevan dan s

Tantangan Menulis ke-9

Belajar Sabar   Dalam kehidupan manusia pastilah akan berjumpa banyak hal yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain adalah menemui berbagai rintangan yang menghalangi jalan. Perjalanan hidup tak semulus impian Namun tetap harus sabar Nah, inilah yang harus diingat sebagai bekal hidup. Sabar, sabar dan sabar.  Sabar adalah menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Pelajaran tentang sabar diperroleh hari ini. Keinginan untuk menjenguk anak yang tinggal jauh dari rumah karena menuntut ilmu, kandas. Dalam rencana dan angan, akan pergi. Bayangan bersua dan melepas rindu tergambar. Tapi ternyata tidak sesuai impian. Semua karena bebagai alibi. Dan alasan pun dapat diterima. Kegiatan yang bersamaan, sopir tidak bisa mengantar, hari hujan lebat dan lain sebagainya. Keputusan yang diam

Tantangan Menulis

Refreshing Warga Sekolah   Hari masih pagi. Matahari tertutup awan tebal. Hingga suasana tampak syahdu. Lingkungan sekolah sudah sepi.  Agenda penerimaan raport akhir tahun telah usai. Kembali suasana sekolah sepi dan sunyi. Apalagi beberapa warga sekolah bersiap mengadakan resfreshing akhir tahun. Tujuannya ke pantai. Mana lagi tempat terdekat, kalau bukan pantai selatan. Yah, pantai selatan adalah posisi terdekat dengan lokasi sekolah.  Keputusan yang diambil, refreshing ke pantai. Banyak warga sekolah ikut serta. Kami berangkat bersama. Perjalanan cukup seru. Hatiku saja yang tak nyaman dalam perjalanan. Penyebabnya karena aku belum ijin langsung dengan keluargaku walaupun mesti diperbolehkan ikut serta.   Sampailah dipantai. Tampak teman-teman langsung menuju ke pantai. Mereka bermain air. Senang melihat wajah ceria mereka. Sementara gulung-gulung ombak terlihat elok . Bagai gulungan benda besar di papan yang luas. Suara gemuruh ombak mengalahkan suara apapun. Angin sepoi-sepoi