Langsung ke konten utama
Diklat menulis :
Mengajar Gaya Motivator (MGM)

Narasumber      : Bpk Aris Ahmad Jaya
Pertemuan Ke-  :  7 ( Tujuh)
Tanggal              : Kamis,  16 April 2020
Waktu.                : 19.00 - 2100 WIB
Resummer.       : sriendang485.blogspot.com

Diawali dengan memperkenalkan narasumber sebagai berikit:

Bapak Aris Ahmad Jaya,DVM.M.M adalah motivator, trainer serta coach di sekolah-sekolah unggul di Indonesia. Beliau juga merupakan pendiri sekaligus CEO di lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak di bidang motivasi dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia serta lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia.

Materi dari narasumber terangkum dibawah ini:

Berdasarkan minat seseorang menjadi guru dibagi dua yang pertama adalah guru betulan yang kedua adalah guru kebetulan. kebetulan adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi seorang pendidik, ingin mengajar dan memang dia ingin menjadi guru. Guru betulan ini memang seorang guru yang diidamkan, guru yang memiliki energi untuk mengajar,, energi untuk bertemu dengan siswa, energi untuk menularkan keilmuannya kepada anak didiknya,  guru betulan memang guru yang diidamkan, Namun ternyata sebagian guru yang sekarang adalah guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajarmaka dia menjadi guru kebetulan. Kebetulan lulus dari Universitas dan sambil menunggu pekerjaan, maka dia melamar menjadi guru dan kebetulan diterima makanya akhirnya menjadi Guru. Seterusnya kebetulan ada Yayasan orang tua yang butuh guru, butuh divonis orang tua mereka sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua. Akhirnya menjadi guru dan pendidik di Yayasan itu. Kebetulan ada temen yang ngajak daripada nganggur, maka menjadi guru.  Apakah guru kebetulan itu salah?. Salah Kalau kebetulannya terus – menerus dan tidak mau belajar. Namun kadang-kadang guru kebetulan pun akan menjadi guru betulan, ketika dia mau belajar mau mengerti bahwa ini bagian dari sebuah proses yang harus di hadapi dan kadang-kadang guru kebetulan pun bisa menjadi guru yang betulan yang mencintai profesi guru yang dicintai. Guru yang menyelami kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses baik yang harus dijalankan. Apakah anda guru betulan atau Kebetulan, narasumber tidak ada masalah.  Yang jadi masalah adalah ketika anda tidak mau menerima profesi anda sebagai seorang guru itu yang masalah. Baik anda guru betulan maupun anda guru kebetulan. Ketika anda menerima profesi anda ini sebagai bagian dari sebuah pilihan mulia,  mau memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan menyenangkan,  menginspirasi anak didik, mencintai ilmu yang anda sampaikan maka sesungguhnya guru betulan maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang mencintai profesinya. Apa artinya guru betulan namun tidak mau belajar,menyampaikan asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya. Karena itu selamat datang para guru yang mau menginvestasikan waktu untuk belajar dengan narasumber bersama Om Jaya, ingin mencoba membantu untuk menjadi guru yang dicintai,  guru yang dirindukan, guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun karena anda adalah kurikulum yang sesungguhnya.

Berdasarkan kinerja ada tiga tipe guru,  yang pertama adalah nyasar Yang kedua bayar dan yang ketiga sadar. Gurunya nyasar adalah guru yang tidak punya tujuan. tidak punya arah, guru yang menyesatkan.  Mengapa murid-murid bisa membenci pembelajaran karena gurunya sering tidak berenergi,  murid-murid bisa membenci apapun yang disampaikan. Selain tidak punya target,  tidak punya energi , dia adalah seorang guru yang kehadirannya sebenarnya menjadikan jam dinding bergerak sedemikian lambat. Guru nyasar lebih baik segera menyadari kalau memang tidak punya energi menjadi seorang guru lebih baik mengundurkan diri daripada banyak korban  yang tidak menyukai pelajaran apa pun yang disampaikan. Yang kedua guru bayar ,guru bayar adalah guru yang energinya terkait dengan finansial. Bekerja karena ada gaji, sebatas dia bekerja karena ada urusan finansial yang diperoleh guru bayar ini.  Kadang-kadang mengajar berdasarkan energi uang. Guru semacam ini adalah guru yang tidak konsisten kadang ketika Tanggal muda semangat wajah cerah antusias karena mungkin ada finansial yang cukup habis gajian namun terkadang mukanya sedemikian menyedihkan tidak semangat gara-gara dia merasa pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang menjanjikan, pekerjaan yang menyedihkan tidak menghasilkan kebutuhan-kebutuhannya terpenuhi. Guru bayar disarankan segera sadar karena banyak murid yang pada dasarnya harus  mendapatkan inspirasi keilmuan tapi mendapatkan guru yang on off. Kadang semangat kadang tidak, kadang bagus kadang tidak. Ini akan menjadikan murid tidak mendapatkan figur yang benar-benar mampu menginspirasinnya. Yang ketiga adalah guru sadar. Seorang guru yang kehadirannya menjadikan murid-murid mencintai dirinya, mencintai pelajarannya dan mencintai kehidupan, karena apapun yang keluar dari Mulut sadar adalah kata-kata yang mampu menyadarkan pembelajaran menjadi menyenangkan, keilmuan menjadi menghasilkan, kehadirannya adalah kajian yang menyenangkan kepergiannya adalah kebahagiaan yang dirindukan karenanya mengajar gaya motivator adalah sebuah teknik. Bagaimana  mampu menjadi seorang pendidik atau menjadi seorang guru yang sadar menyadari sepenuhnya bahwa profesi ini adalah provesi yang mulia, sebuah profesi yang menghantarkan anda mendapatkan kepahaman keilmuan yang baik dan benar sehingga mereka mampu menghadapi permasalahan-permasalahan sesuai dengan zamannya. Guru sadar adalah konektor keilmuan yang layak dicintai.  Dan akhirnya mereka ada mencintai ilmu. Guru sadar adalah guru yang menyadari suatu hari nanti ketika dia meninggal maka murid-murid inilah yang akan menjadi amal jariyah,  ilmu yang ditinggalkan akan menjadi inspirasi bagi orang setelahnya dan guru sadar menyadari sepenuhnya bahwa dia adalah magnet bagi kecintaan siswa-siswinya terhadap ilmu yang di bawah kecintaan siswa-siswinya.

Ada 5 langkah yang bisa  dipraktekkan untuk mengajar gaya motivator. Diharapkan  mampu menjadi guru yang dicintai, guru yang dirindukan, guru yang menginspirasi dan guru yang menjadikan murid-murid mencintai anda dan mencintai ilmu yang  diberikan.  Bagaimana peran seorang guru yang sesungguhnya?. Ada empat peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh. Peran yang pertama adalah mengajar, peran yang kedua adalah mendidik orang , yang ketiga adalah menginspirasi , dan peran yang ke-4 adalah menggerakkan . Terkadang kita lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajar, memindahkan keilmuan yang ada di otak kita ke otak murid kita, memindahkan kurikulum yang ada kepikiran murid kita . Jadi kalau guru hanya sekedar mengajar maka akan kalah dengan metode dan pola-pola ini.  Bahkan sekarang sudah ada kelas kelas online yang memungkinkan murid bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru. Bagaimana seorang guru mendidik ? Guru menjadi idola,  menjadi teladan, menjadi contoh guru sendiri dari 2 kata digugu dan ditiru. Diharapkan ketika  masuk ke ranah mendidik maka  bisa memasukkan nilai-nilai norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh anak didik kita dalam keseharian,  kedisiplinan, kejujuran,  bisa dipercaya berbagi, bekerja sama, berkomunikasi memudahkan urusan orang lain, menolong, membantu.  Itulah pola-pola yang bisa dimasukkan Ketika  mendidik dan  bisa masuk lewat pembelajaran apapun,  Mungkin guru matematika bisa mengajarkan tentang kejujuran,  kedisiplinan. Mungkin guru IPA bisa mengajarkan tentang bagaimana mereka bersyukur ?  Bagaimana mereka mampu berinteraksi ?Bagaimana mereka mampu menjaga ?  Guru yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi yang mampu menginspirasi, karena dari apa yang ada akan terinspirasi dia akan menjadikan bagian dari history bagian dari sejarah mereka dan bukan hanya sekedar bagian dari Story ataupun cerita. Anda adalah sosok yang menginspirasi mereka ketika anda mampu menunjukkan energi, mampu menunjukkan keteladanan, mampu menunjukkan bahwa dengan sepenuh hati  adalah inspirator bagi mereka. Motivator bagi mereka dan akhirnya ada gerakan mereka mengerjakan apa yang  disarankan,  menggerakan mereka menjalankan apa yang diharapkan.  Guru yang hebat adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi dia juga mampu mendidik,  menginspirasi dan menggerakkan.

Langkah-langkah mengajar gaya motivator atau MGM mudah-mudahan mampu merubah cara berpikir serta pola laku dalam mengajar murid. Langkah-langkah ini adalah langkah yang telah dibuktikan dan dipraktekkan oleh ribuan Clan di seluruh Indonesia. 5 langkah sederhana yang ketika setiap guru mempraktekannya maka ada sebuah nuansa yang berbeda yang akan dirasakan oleh anak didik ataupun murid-murid. Langkah yang pertama adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Langkah yang pertama memiliki daya tarik dengan menyenangkan.  Memiliki daya yang menjadikan dirindukan dan menyenangkan tentu  harus mempelajari. Menyenangkan dimulai dari apa yang terasa ketika pandangan pertama murid sudah suka, pertama murid sudah nyaman maka mulai masuk ke daya tarik untuk menjadi guru yang menarik
3 langkah sederhana ini yang pertama persiapkan  dengan latihan sebanyak mungkin. Bagaimana menjadi pribadi yang menarik. Contohnya dari sisi penampilan adalah seseorang yang memang mempersiapkan penampilan terbaik karena anda adalah sosok yang menarik dari segi berprilaku. Sosok yang menarik sehingga bukan sekedar ketika di dalam ruangan tapi juga ketika ada di luar kelas atau di luar ruangan. Untuk menarik harus mampu menunjukkan bahwa benar-benar layak untuk diizinkan oleh murid. Diizinkan adalah ketika murid mengizinkan dirinya memperhatikan bukan sekedar melihat mendengarkan bukan sekedar mendengar. Jadi harus mampu menjadi pribadi yang layak untuk diperhatikan dan layak untuk didengarkan. Jadi Langkah pertama untuk menjadi pribadi yang menarik adalah memang memiliki daya tarik.  Ada 2 pintu pintu yang pertama adalah pintu mengizinkan pintu yang kedua adalah pintu tidak mengizinkan.

Mengizinkan adalah manakala siswa-siswi mengizinkan  mereka senang, nyaman belajar.  Tidak mengizinkan adalah pintu tertutup, dmana mereka tidak suka dengan pembelajaran, tidak menyukai anda, intinya adalah menolak.  Bagaimana pintu mengizinkan itu terbuka  bagi Anda. Sebelum murid menerima pembelajaran apapun dengan kurikulum apapun yang ada adalah mereka harus menerima anda, dan agar mereka mau serta mampu menerima syaratnya adalah mereka mengizinkan. Maka  harus menjadi pribadi yang benar-benar menyenangkan dan untuk menyenangkan  harus mampu untuk memahami bahwa mereka adalah orang yang berbeda dengan masa ketika mengajar anak TK. Harus mampu berperilaku sebagaimana anak TK. Ketika menjadi guru SD harus memahami bagaimana kondisi anak SD kekinian karena SD kekinian beda dengan SD masa dulu ketika  SMP SMA juga sama jadi jangan paksa mereka untuk mengerti. Ketika anda mampu mengerti bahwa Anda diterima, diberikan peluang untuk bersama dengan mereka, maka kunci yang pertama yang harus dikuasai dan harus menjadi pribadi yang menyenangkan.

Berikut beberapa contoh bagaimana
membuka pintu mengizinkan. Pertama masuk dalam sebuah kondisi yang senyum. Jika punya masalah dengan suami dengan istri dengan teman itu bukan masalah mereka. Pastikan masuk dalam kondisi nyaman minimalnya adalah Senyumlah dari hati.  Yang kedua sapa dengan salam. Ucapan salambukan  langsung., Assalamualaikum wr. wb, tapi dengan format seperti berikut "semoga siswa yang menjawab salam saya cerdas otaknya" mereka akan menjawab Amin.  semoga yang menjawab salam saya mendapatkan nilai terbaik dan naik kelas dengan raport yang memuaskan, semoga yang menjawab salam menjadi manusia yang berguna bermanfaat bagi Agama bagi negeri dan juga bagi keluarganya semoga yang menjawab salam saya otaknya Genius cerdas dan mudah mempelajari pelajarannya hari ini setelah itu  baru Salam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  Nah pasti mereka menjawab dengan semangat.  Daripada masuk dalam kondisi mandul langsung Assalamualaikum Siapa yang belum mengerjakan PR,  maaf yang belum mengerjakan PR silakan Keluar akhirnya mereka keluar semua dan anda mengajar mengajar bangku kosong karena anak zaman sekarang ini mengerjakan PR itu tidak terlalu nyaman.  Itulah kenapa Finlandia itu nggak ada PR karena mereka tahu pekerjaan rumah itu memang menyenangkan bagi anak tapi kalau anak suka dengan pelajaran nggak usah dikasih PR juga mereka akan belajar.  Kemudian yang ketiga berikan apresiasi.  Katakan bahwa " Saya seneng aja sini, Saya bahagia bertemu dengan kalian, Anda bilang dari sekian banyak kelas yang saya ajar kelas ini membuat saya semangat atau Anda bilang saya bangga menjadi guru kalian atau banyaklah kata-kata yang mungkin bisa anda ucapkan daripada Anda datang datang marah marah emosi.

Berikutnya contoh tips dan trik bagaimana pintu pikiran mereka terbuka untuk anda. Berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pembelajaran dimulai Mainkan game-game sederhana sebelum pembelajaran dimulai. Bsa lakukan game tepuk,   bisa lakukan tebak-tebakan dan bisa lakukan games yang bisa diambil dari YouTube dari internet.

Sesi tanya jawab terangkum sebagai berikut:

Biasanya anak, pada dasarnya kurang tertarik karena belum menemukan cara belajar yang tepat untuk dirinya. Guru harus mampu memahami gaya-gaya belajar anak dengan bermacam kemampuan.

Semua guru berpotensi menjadi guru sadar tergantung niat dari pribadinya memperbaiki diri, belajar metode-metode tepat, belajar banyak ilmu. Namun seorang guru bayar atau guru nyasar susah menjadi guru sadar manakala dia tidak keluar dari zonanya namun apabila dia terus berusaha dengan niat yang tulus lambat laun bisa menjadi guru sadar.

Pengetahuan yang benar nyata manakala di aplikasikan, semua keilmuan memerlukan aksi agar sebuah keilmuan guru-guru hebatlah yang bisa menerapkan agar bermanfaat.

Label adalah bagian dari apresiasi. Jadi diantara cara mengapresiasi adalah memberikan label positif diantaranya adalah menghargai dengan segera ketika proses berjalan tidak menunggu proses selesai. atau memberikan peluang kepada mereka menjadi duta sekolah.

Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. nah ini betul itu yang dinamakan persepsi. Persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yg diberikan siswa/siswi kepada guru dan itu akan menjadi titik tular keyakinan atas bagai mana persepsi itu dibangun bagi seorang guru apakah itu guru yang menyenangkan, menarik atau menyebalkan, sehingga persepsi ini harus dirubah dengan kondisi guru sesungguhnya. Kalau persepsinya sudah salah, buruk dan akhirnya terbukti maka hal ini akan menguatkan bahwa informasi dan hasutan dari temannya adalah informasi yg benar, tetapi sebaliknya jika kita bisa melakukan sebaliknya dari hasutan temannya, maka yg terjadi orang tersebut akan menganggap bahwa kita tidak seperti yg di hasutkan oleh temannya..
Tetaplah berbuat baik, tetaplah optimis tetap melakukan pembelajaran yg menarik dan menyenangkan karena itu akan membangun persepsi siapa anda yang sebenarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Kurikulum Operasional Sekolah

MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan  umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan:  Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran:  Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum:  Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran:  Materi pembelajaran yang relevan dan s

Tantangan Menulis ke-9

Belajar Sabar   Dalam kehidupan manusia pastilah akan berjumpa banyak hal yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain adalah menemui berbagai rintangan yang menghalangi jalan. Perjalanan hidup tak semulus impian Namun tetap harus sabar Nah, inilah yang harus diingat sebagai bekal hidup. Sabar, sabar dan sabar.  Sabar adalah menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.  Pelajaran tentang sabar diperroleh hari ini. Keinginan untuk menjenguk anak yang tinggal jauh dari rumah karena menuntut ilmu, kandas. Dalam rencana dan angan, akan pergi. Bayangan bersua dan melepas rindu tergambar. Tapi ternyata tidak sesuai impian. Semua karena bebagai alibi. Dan alasan pun dapat diterima. Kegiatan yang bersamaan, sopir tidak bisa mengantar, hari hujan lebat dan lain sebagainya. Keputusan yang diam

Tantangan Menulis

Refreshing Warga Sekolah   Hari masih pagi. Matahari tertutup awan tebal. Hingga suasana tampak syahdu. Lingkungan sekolah sudah sepi.  Agenda penerimaan raport akhir tahun telah usai. Kembali suasana sekolah sepi dan sunyi. Apalagi beberapa warga sekolah bersiap mengadakan resfreshing akhir tahun. Tujuannya ke pantai. Mana lagi tempat terdekat, kalau bukan pantai selatan. Yah, pantai selatan adalah posisi terdekat dengan lokasi sekolah.  Keputusan yang diambil, refreshing ke pantai. Banyak warga sekolah ikut serta. Kami berangkat bersama. Perjalanan cukup seru. Hatiku saja yang tak nyaman dalam perjalanan. Penyebabnya karena aku belum ijin langsung dengan keluargaku walaupun mesti diperbolehkan ikut serta.   Sampailah dipantai. Tampak teman-teman langsung menuju ke pantai. Mereka bermain air. Senang melihat wajah ceria mereka. Sementara gulung-gulung ombak terlihat elok . Bagai gulungan benda besar di papan yang luas. Suara gemuruh ombak mengalahkan suara apapun. Angin sepoi-sepoi