Hari Penuh KenanganPagi hari yang penuh memori. Hari indah untuk mengukir prasasti dalam relung hati dan pikiran anak. Mengapa? Karena melakukan kegiatan pembelajaran diluar kelas. Belajar bersama alam. Dan tentunya aktivitas yang menyenangkan. Harapannya sebagai pembelajaran yang mengesankan. Bahkan bisa menjadi memori yang penuh kesan tersendiri.Kegiatan literasi pagi yang lain dari yang lain. Anak - anak belum tahu rencana ini. Mereka dikumpulkan didepan ruang kelas. Salah satu siswa menyiapkan barisan. Pagi itu, anak-anak berbaris dengan rapi.Aku ambil alih komandonya. Pimpinan pleton masuk ke dalam barisan. Dengan kidmat mereka mendengarkan beberapa pengumuman yang kusampaikan." Kita akan belajar diluar. Dan tepatnya kita belajar bersama alam bebas. Kita akan jalan-jalan sambil belajar," jelasku. Tak berapa lama setelah mendengar informasi, terdengar suara sorak bahagia. Wajah dan tingkahnya kegirangan. Akhirnya sedikit persiapan dilakukan. Bekal yang biasa dimakan bersama disekolah dibawa serta. Anak-anak berjalan menyusuri hutan dan bukit. Hingga sampailah mereka dipinggir telaga. Perjalanan cukup menyenangkan. Ditengah hutan mereka bisa belajar banyak hal. Tentunya juga aku selipkan pesan ikut menjaga dan melestarikannya. Sepanjang berjalanan penuh dengan kegembiraan. Tampak anak-anak sangat gembira.Sesampai di tempat target, mereka tampak sangat senang. Menghirup udara segar. Menyaksikan lukisan Tuhan yang sangat elok. Sambil istirahat dan menikmati bekalnya.Begitulah kegiatan belajar bersama anak-anakku tercinta. Semoga kegiatan ini selalu menjadi kenangan yang tak bisa terlupakan. Dan pastinya, aktivitas ini juga selalu mengingatkan pada diri ini yang selalu membersamaimu dengan penuh cinta. Pahala kebaikan pun tercurah pada kalian semua. Semangat belajar anak-anakku tercinta ! Mari songsong masa depanmu dengan gemilang.
MENGENAL KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (By Sriendang) Tahapan umum untuk bagian merancang kurikulum operasional pada dokumen panduan tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa hal berikut: 1. Analisis Kebutuhan: Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan masyarakat serta apa yang diharapkan oleh stakeholder. Analisis ini mencakup aspek kebutuhan intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik 2.Penyusunan tujuan Pembelajaran: Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur harus disusun agar memudahkan evaluasi dan pengukuran hasil belajar peserta didik 3, Penyusunan Struktur Kurikulum: Struktur kurikulum harus disusun dengan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang perlu dikuasai peserta didik. Struktur kurikulum harus memperhitungkan kebutuhan belajar peserta didik dan panduan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. 4. Penyusunan Materi Pembelajaran: Materi pembelajaran yang relevan dan s
Kenangan indah
BalasHapus